.

.
Latest Updates

KONSENTRASI JURNALISTIK


            Assalamualaikum wr…..wb….
            Nama saya zuhri noviandi, saya kuliah di jurusan (Komunikasi penyiaran Islam) Iain Ar-Raniry Banda Aceh, dan berkonsentrasi di bidang jurnalistik, kenapa saya lebih memilih konsentrasi jurnalistik, karena dunia wartawan sudah menjadi keinginan saya dari sejak sekolah dulu,  disebabkan  juga karena sering mengikuti dan melihat saudara yang profesinya sebagai seorang wartawan yang membuat saya menarik untuk melanjutkan perkuliahan saya di konsentrasi jurnalistik. Disini tidak hanya diajarkan kita untuk belajar teori saja akan tetapi seimbang dengan praktek, setelah belajar teori kita bisa langsung memprakktek kannya di lingkungan sehari-hari, contoh seperti meliput berita bisa dimana saja, baik di kampus,desa,kota, atau di lingkungan sosial. Belajar jurnalistik sangat menarik kita bukan hanya sekedar belajar bagaimana menjadi seorang wartawan yang baik akan tetapi kita juga bisa belajar aplikasi Komputer, Fotografi, Jurnalistik Foto, Teknik Mencari dan Menulis Berita, Dasar-Dasar Broadcasting, Penulisan Naskah Radio, Penulisan Naskah Televisi, Teknik Menyunting dan Menata Surat Kabar dan Produksi Media.         
            Prospek kerja kedepan sangat luas dan dibutuhkan . Di konsentrasi jurnalistik ini lebih mengajarkan kita tentang dunia media sebagai mana sekarang media massa tumbuh demikian pesat, Koran, TV, radio, bahkan media online sudah menjamur hingga ke daerah-daerah. Jadi masih banyak sekali tenaga jurnalis professional yang dibutuhkan pasar, konsentrtasi jurnalistik juga membekali kemampuan yang dibutuhkan untuk masuk ke profesi lain. Humas misalnya, mereka yang mempunyai latar belakang jurnalistik tentu punya nilai lebih karena mereka memiliki kemampuan menulis lebih baik, dan mengenal secara lebih baik pula soal seluk beluk dunia wartawan yang menjadi salah satu mitra penting seorang humas. Jelas bahwa mengapa saya memilih konsentrasi jurnalistik karena prospek kerja kedepan lebih luas dan lebih dibutukkan.         
            Buat kawan-kawan yang mungkin ingin melanjutkan perkuliahannya disini jangan ragu lagi, Lulusan Program studi Ilmu Jurnalistik dapat bekerja dimana saja dan sangat dibutuhkan dilingkungan sosial saat ini, mejadi wartawan sudah pastinya, baik sebagai reporter, fotografer, cameraman, lay-outman, redaktur pelaksana, pemimpin redaksi, maupun pemimpin perusahaan, news presenter, news anchor, field reporter, news producer, tv programmer, production house staff, talent scouting, camera person, audio visual editor, dubber, tv mixer, tv switcher, floor director, tv news producer, radio programmer, radio reporter, dll menarik bukan.
            Itulah cerita singkat kenapa saya lebih memilih konsentrasi jurnalistik.

             sekian wassalam…J

1 Response to "KONSENTRASI JURNALISTIK"