.

.
Latest Updates

Ledakkan Kekuatan Menulismu



Saat ini sudah ada ribuan blog atau bahkan jutaan blog di dunia maya. Lalu apa hubungannya antara blog dengan menulis, tentu itu sangat erat kaitannya. Adanya blog membuat pelajar menulis menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Menulis di blog juga melatih keberanian, karena tulisan yang kita muat langsung di respons oleh pembaca tentang tulisan kita, sekaligus mengasah ide dan kekhasan tulisan kita. Blog saat ini, ibarat diary di masa lalu. Bedanya, blog adalah diary online dan bisa dibaca siapa saja.

Pendapat W.Somerset Maugham yang menyebutkan kalau ingin menjadi pengarang, kita harus pergi ke tempat yang jauh dari kita, atau merantau ke negeri orang, juga kita lakukan dengan cara berkelana menjelajahi dunia maya. Meskipun rasanya tetap saja akan berbeda jika kita sendiri yang berkunjung ke tempat tersebut. Namun itu tetap sangat membantu kita berkelana menjelajah dunia.

Menulis apa pun termasuk cerpen, novel, fiksi, nonfiksi, butuh animasi dan kitab sakti (buku) yang harus jadi pedoman. Karena menulis itu bukan bakat, tapi usaha yang harus di asah. Menulis juga bukan pekerjaan dewa, karenanya semua orang juga bisa menulis. Tapi untuk jadi penulis itu, jiwa dan pikiran kita harus terisi penuh oleh sumber bacaan dan pengalaman di lapangan. Jika tidak begitu, bisa-bisa yang terjadi, kita bengong didepan layar komputer/laptop.

Jadi penulis itu tidak susah, tapi jugak tidak gampang. Punya bakat, tapi tidak semangat, pasti tewas juga. Tidak punya bakat, tapi semngatnya luar biasa, dengan cara banyak baca buku, ikut workshop, datang ke acara launching buku, dan rajin latihan menulis. insyaAllah pasti tercapai cita-cita jadi penulis. Seperti pepatah “ kalau kamu gaulnya sama tukang ikan, pasti badan kamu bau ikan. Kalau kamu gaulnya sama tukang parfum, pasti kebawa wanginya donk”. Nah kalau kita gaulnya sama yang pingin jadi penulis atau memang orang-orang yang sudah ahli di bidang nulis, pasti kita akan lebih  bersemangat pingin belajar menulis dan jadi penulis yang bisa dikenal orang banyak, heheee…. Itu sudah pasti.

Tulisan ini saya kutip dari buku bacaan, Gola Gong (Jangan Mau Ngak Nulis Seumur Hidup). Semoga bermamfaat untuk kita semua dan terus semangat dalam menulis.

0 Response to "Ledakkan Kekuatan Menulismu"

Posting Komentar