.

.
Latest Updates

SidomBlogger Tempat Kreatifitas Mahasiswa

BERAWAL dari keinginan membuat pelatihan seorang mahasiswa jurnalistik bernama Nur Rahmi mengkonfirmasikan kepada kawan-kawan sejurusannya bahwa pelatihan blog akan diadakan agar mahasiswa bisa mengenal lebih dalam apa itu blog. Sehubungan dengan blog tersebut muncullah beberapa ide untuk membicarakan langsung kepada pihak jurusan, Taufik. Hasil pembicaraan tersebut pihak jurusan menyarankan bahwa blog itu dijalankan harus di bawah sebuah lembaga. Dan lembaga itu Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ). Tapi berkat beberapa masukan dari senior, yaitu Zulham Yusuf dan Makmur Dimila. Mereka mengusulkan bahwa harus membuat sebuah komunitas tentang blog tersendiri bukan di bawah lembaga apapun.  Akhirnya dibuatlah sebuah pertemuan dengan mengumpulkan beberapa mahasiswa fakultas dakwah, yang juga dihadiri oleh beberapa mahasiswa dari fakultas lain. Dari hasil pertemuan tersebut muncullah sebuah komunitas yang bernama SidomBlogger yang diusulkan oleh Zuhri Noviandi, mahasiswa KPI jurnalistik semester 3.

Menurut Zuhri, Sidom itu mahkluk kecil ciptaan Allah SWT  yang menjadi inspirasi manusia, Sidom itu artinya semut. Yang mana hewan ini tidak pernah menyerah bila anda menghalangi dan berusaha menghentikan langkah mereka, mereka tetap akan selalu mencari jalan lain. Mereka akan memanjat keatas, menerobos kebawah, dan mereka terus mencari jalan keluar demi mencapai satu tujuan bersama. Demikian juga dengan komunitas ini, dengan harapan bersama untuk membangun sebuah komunitas kecil, yang berawal dari hanya obrolan biasa hingga bisa terbentuknya Sidom pada hari sabtu 26 Oktober 2013.


Komunitas ini dibentuk dengan tujuan  untuk membumikan blogger di dunia mahasiswa. Dan untuk memperdalam ilmu jurnalistik melalui karya-karyanya. Komunitas ini dibuka untuk umum. Dari data yang diperoleh dari sebuah grup SidomBlogger di Facebook anggota sidom sudah mencapai lebih dari 100 orang.
Strategi untuk meningkatkan kemampuan anggota komunitas. SidomBlogger mengadakan pelatihan blog dalam seminggu sekali. Dalam pelatihan itu anggota Sidom diajarkan bagaimana cara membuat blog, mendesain blog, bahkan cara penulisan karya-karya yang akan di posting.   Selama komunitas ini dibentuk sudah ada beberapa kegiatan yang sudah diterapkan seperti hunting tulisan di berbagai tempat di wilayah Banda Aceh dan Aceh Besar.

Seiring berjalannya waktu SidomBlogger telah menjadi salah satu sponsor dalam acara kolaborasi saman jazz yang diadakan oleh Himpunan Pelajar Mahasiswa Gayo Lues (Hipemagas), hal yang berawal dari sekedar obrolan biasa sesama teman yang membicarakan tentang komunitas baru. Kemudian mereka tertarik untuk menjadikan SidomBlogger menjadi partner dalam acara tersebut dengan syarat sidomers (sebutan untuk anggota sidomblogger) harus menghadiri acara pelantikan Hipemagas yang berada di gedung AAC Dayan Dawood Banda Aceh, Sabtu 7 Desember 2013 dan meliput acara mereka untuk dijadikan tulisan. Sehingga logo SidomBlogger dijadikan salah satu sponsor dalam memeriahkan acara tersebut dan mempublikasikannya sebagai bentuk kerjasamanya.

Kita akan terus menguatkan hubungan dengan anggota untuk pematangan launching. Kedepannya kita sudah ada tawaran yang diajak oleh Hipemagas untuk menjadi fasilitator pada pelatihan blog yang akan mereka gelar, tapi kapannya belum ditentukan, mereka tidak masalah jika itu terlaksana sidomers belum launching. Jelas Nur Rahmi Ketua umum SidomBlogger saat diwawancara.

Untuk rencana kedepannya sidomers diajak untuk berkunjung ke salah satu radio di Banda Aceh yaitu  radio Binkara FM, hal ini merupakan sebagai suatu upaya untuk membangkitkan semangat menulis sidomers, maksud dari kunjungan tersebut dijadikan sebagai ajang hunting tulisan yang sebelumnya pernah dilakukan dengan mengunjungi Kerkhof dan festifal kopi di taman sari.

Minggu, 1 Desember 2013 dalam rangka untuk memperkenalkan dunia blogger kepada masyarakat luas khususnya mahasiswa, Nur Rahmi dan Makmur Dimila dan juga Liza Afriani dari GamInong Blogger dan Aceh Blogger Community mengunjungi radio Seulaweut 91.0 FM  yang bertema “Bincang Hangat Bersama Mahasiswa Blogger Aceh”. Tujuan kami kesana karena di undang, jadi sekalian saja untuk mempromosikan SidomBlogger cerita Nur Rahmi saat diwawancara.

Sidomers dapat menyalurkan dan menuangkan ide dan inspirasi dalam bentuk tulisan. Sehingga dunia jejaring sosial tidak hanya digunakan sebagai tempat mengcopy paste sebuah tulisan, tetapi sidomers juga mampu untuk mempublikasikan tulisannya sebagai bacaan bagi orang-orang pada umumnya.

Selain kegiatan hunting tulisan, komunitas sidomblogger juga pernah mengumpulkan dana dari para sidomers untuk di jadikan tabung peduli untuk Nek Maneh yang mengalami kanker payudara dan Ridho (bayi berumur 1 bulan) yang mengalami penyakit Hidrocephalus.

SidomBlogger juga sudah menerbitkan beberapa tulisan di koran sidom yang sudah terbit tiga edisi yang di tempel di setiap mading fakultas di kampus UIN Ar-Raniry.
Berharap kedepannya semoga SidomBlogger ini diketahui oleh orang banyak dan ikut bergabung dalam dunia blogger.

Sumber : [Evi Adia L.Gaol (411005958), Munir  (No. Mhs. 411005963), Uriansyah (No. Mhs. 411005971)].
Tugas akhir mahasiswa dalam Mata Kuliah “Pers Release” Fakultas Dakwah Dan Komunikasi UIN Ar -Raniry Banda Aceh 

0 Response to "SidomBlogger Tempat Kreatifitas Mahasiswa"

Posting Komentar